Pengertian DOS ( Disk Operating system ) - Cinta Teknologi

Pengertian Disk Operating System Versi Cinta Teknologi -

Assalamualikum .. sahabat Sahabat Cinta Teknologi Semua Selamat Berjumpa Kembali dengan saya sang bujang kalem :D . pada kesempatan kali ini saya akan membahas dan sedikit membagikan Ilmu Mengenai Pengertian dasar/Definisi Dos, Sejarah Dos, Fungsi Dan Cara Memulai/Membuka Dos.

Baca Juga Artikel :
Jenis Jenis Monitor dan Nama Penemunya

Pengertian Dos
Aslinya kata DOS merupakan sebuah singkatan dari Kata  Disk Operating system , yang dimana dos ini adalah sebuah sistem operasi / OS yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.
Pengertian Disk Operating System Versi Cinta Teknologi

Sejarah Dos
MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

Baca Juga Artikel :
Cara Mudah Cek Kecepatan Koneksi Internet 
Ya Ampun ternyata Blogg Cinta Teknologi ada Yang Ngopas

Fungsi DOS itu sendiri adalah sebagai, berikut:
a. Berfungsi untuk mengoperasikan kegiatan dari peralatan masukkan dan keluaran, seperti monitor, pencetak, dan lain-lain.
b. Memungkinkan pemakai memuat dan mengeksekusi program
c. Menjaga keteraturan system file pada disk.

Cara untuk memulai DOS berbeda-beda untuk masing-masing os Windows:

  • Untuk Windows 98/ME : Klik start menu | MS-DOS Prompt 
  • Untuk Windows 2000/XP : Klik start menu | Accessories | Command Prompt 
  • Atau untuk setiap Windows : Klik start menu | Run | ketikkan ‘cmd’ atau ‘command’ dan pasti Command Prompt akan Muncul.

mungkin cukup sekian dulu artikel saya kali ini yang berjudul Pengertian DOS ( Disk Operating system )   Semoga artikel ini memberi manfaat yang lebih kepada Sahabat Cinta teknologi semua amin ya robb saya akhiri Wassalamualaikum Wr.Wb

Sumber Materi : Silabus TKJ 2012
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengertian DOS ( Disk Operating system ) - Cinta Teknologi di blog KomtekNews jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

13 komentar

dulu aku pernah belajar dos, isinya hafalin perintah, dan alhamdulillah sekarang tetep ga ngerti hihi

Balas

makasih informasinya, kalau lebih mengusai DOS ini, kelihatannya lebih mantep :)

Balas

wah, ternyata panjang juga ya Mas sejarah DOS ini, saya sendiri jarang mas masuk-masuk ke menu DOS, kecualai kalau pas mau install PC aja baru kluyuran ke DOS

Balas

baca DOSjadi inget pertama kali kenal komputer, waktu itu perasaan dagdigdug beberapa saat mau masuk kelas komputer...takut meledak gituh deh...maklum lah

Balas

kiraen teh ,,, mw bilang alhamdulillah skrg teh dah hafal ,,,,hehehe ada2 aja nih mb tika ,,,,

Balas

sy sama sekali tidak pernah mengenyam pendidikan formal ttg komputer nih, ,,, padahal setelah sy thu DOS itu di pelajari di kelas 1 tingkat SMA ,,, hehe maklum dulu wktu sy sekolah gak ada materi TIK.

Eh disni ketemu masternya ,,, :)

Balas

DOS ini sudah kawak yang versi disket dulu
sekarang langsung ikut di windoesnya ya kalo ndak salah

Balas

Hahaha ada ada aja ahhh dikira ngerti :v

Balas

makannya mas fiu sering" main kesini biar dapet pengetahuan Komputer :)

Balas

iyaa gan bener itu emang gak salah :)

Balas

Silahkan Isi Komentar Bila Perlu :)
#Dilarang Memberi Komentar Yang Berbau sara/Memancing Keributan
#Dilarang Menyimpan Link Hidup/ Spam
#Jika Ada yang Ingin ditanyakan Langung saja Isi Komentar OK :)

 
-->