Pentingkah Batre CMOS Untuk Komupter ? Cinta Teknologi

Pengertian, Jenis Jenis Kerusakan, Harga,dan umur Lama nya Baterai CMOS Bertahan
Cinta Teknologi - Assalamualaikum .. sahabat sahabat Cinta Teknologi semua selamat berjumpa kembali dengan saya :) setelah pada pertemuan sebelumnya saya membahas mengenai Cara mengatasi Keyboard error pada komputer. Maka Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi yang sedikit berbeda sihh namun insya allah tetep bermanfaat.

Info yang akan saya bagikan kali ini semua Informasi Mengenai Salah satu komponen Hardware Komputer yang Sering di anggap remeh padahal Komponen tersebut adalah salah satu komponen Hardware yang penting bagi Komputer. Dan Komponen apa kah yang akan saya bahas ? Komponen Hardware yang akan saya bahas kali ini adalah Batre CMOS.
Pengertian, Jenis Jenis Kerusakan, Harga,dan umur Lama nya Baterai CMOS

Tahukah sahabat Apa batre cmos tersebut dan untuk apa fungsinya ? nah jika ada orang yang bertanya seperti itu kira kira apa yang akan sahabat jawab ? kalo saya sih akan menjawab ini dulu :

Batre Cmos adalah baterai yang memiliki tegangan atau voltase sekitar 12 Volt yang biasanya berdiameter kira kira 1,5 cm pada komputer atau pada laptop biasa. Fungsi dari Baterai Cmos ini adalah untuk menyimpan settingan Pada Bios. Nah itulah sebabnya mengapa tanggal dan jam di komputer sahabat tetap berjalan meskipun komputer dalam keadaan mati , dan itu semua dikarenakan ada nya Baterai Cmos Coba bayangkan Kalo tidak ada batre Cmos pasti settiingan waktu nya akan error terus :v dan Batre cmos ini merupakan baterai recharger yang maksudnya  akan di 'charge atau di isi ulang  kembali disaat komputer dinyalakan.

Jenis Jenis Kerusakan pada baterai Cmos

Umur Baterai Cmos biasanya hanya bisa bertahan Kurang lebihnya 5 tahun tergantung dengan 1 syarat yakni  komputer sahabat harus  sering digunkan atau di operasikan agar Baterai CMOS nya tetap bisa terus di 'charge atau di isi ulang oleh komputer. Dikarenakan Biasanya komputer yang tidak dipakai lama sampe berbulan-bulan bahkan tahun itu dapat mengakibatkan baterai Cmos akan habis dayanya diserap untuk kebutuhan Cmos/Bios.

Baca Juga Artikel :
Cara Mengatasi Cmos Error pada Komputer.
Cara update Driver Secara Online.

Kerusakan Lainnnya diakibatkan oleh kualitas dari batre cmos tersebut maksudnya adalah jika sahabat ingin Batre cmos nya awet maka saran saya sahabat jangan sampe membeli batre cmos yang apa adanya akan tetapi  membeli batre cmos yang Kualitasnya bagus agar awet selalu. Akan tetapi sayangnya baterai Cmos yang beredar di pasaran saat ini kebanyakan yang harganya murah dan bahkan murahan yakni ada yang Rp.3000, Rp.5000 akan tetapi yaitu jangan sampe beli yang murahan yahh udah itu aja.

Akibat yang bisa ditimbulkan dari Kerusakan baterai Cmos

seperti yang sudah saya singgung sebelumnya keusakan pada batre cmos dapat menyebabkan Settingan pada tanggal error dan sudah pasti semua settingan Bios yang sudah kita setting akan kembali ke Mode Default atau kembali ke Mode awal itu dikarenakan ya itu Batre cmos nya rusak
Efek lain yang disebabkan Bila baterai tidak menyimpan tanggal bulan dan tahun, maka di beberapa situs besar terutama Googgle Chome dan Facebook akan mengeluarkan peringatan keamanan dan menganggap situs yang akan sahabat masuki adalah situs yang berbahaya dan biar jelas saya kasih gambarnya nih :

Pengertian, Jenis Jenis Kerusakan, Harga,dan umur Lama nya Baterai CMOS Bertahan

Selain itu Jika batre cmos sahabat Habis maka hal lain yang akan terjadi pada komputer sahabat adalah komputer tidak bisa hidup Atau bisa hidup sebentar lalu nge Hang atau Macet dan kemudian tidak bisa dihidupkan kembali, lalu dibutuhkan waktu beberapa jam untuk bisa hidup kemudian mati kembali. Bahkan pada laptop, baterai Cmos sering bocor. Dan bocoran itu menetes pada Mainboard yang mengakibatkan konslet pada board laptop. wahh sungguh berbahaya sekali bukan ? :3

Maka saran saya kepada sahabat agar sahabat tidak mengalami kejadian tersebut untuk melakukan penggantian baterai secara berkala. Dan Jangan Lupa juga untuk memilih baterai CMOS yang cukup baik untuk menjamin baterai akan tetap bertahan lama dan tidak mengakibatkan kerusakan pada komputer.

Pada kasus tertentu, terjadi kejadian Komputer pada saat di nyalakan tidak mau hidup maka langkah yang harus sahabat lakukan adalah dengan mereset motherboard yang sudah dikenal dengan istilah clear Cmos. Clear Cmos ini digunakan untuk mengembalikan posisi setting bios ke posisi defaulti akibat kesalahan setting maupun sebab lain. dan jika sahabat Ingin tahu cara Clear Cmos nya bisa baca di sini : Cara Mereset Motherboard pada komputer.

Baca Juga Artikel lainnya :
Cara Mengatasi Komputer yang restart sendiri.
Cara Mengatasi komputer yang mati sendiri.

Mungkin Pertemuan kali ini saya cukupkan saja sampai disini semoga informasi mengenai Baterai Cmos yang saya bagikan ini memberikan manfaat kepada sahabat Sahabat Cinta Teknologi semua. dan mungkin sampai disini saja pertemuan kita kali ini saya tutup wassalamualaikum Wr.Wb
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pentingkah Batre CMOS Untuk Komupter ? Cinta Teknologi di blog KomtekNews jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

32 komentar

yang sering terjadi kalau batrenya dah agak error waktu pertama loading windows pasti minta F1 :D

Balas

Bagus infonya. SP pun kurang ilmu pasal ini sebelumnya..

Balas

maniss manjaa sekali infonyaa mas... kalau liat artikel blog mas @ainnul banyak ilmu bru yg saya dapatkan khususnya dalam persoalan hardware ,,trimss infonyaa mas :)

Balas

saya dulu ingat pas admin pas booting lupa nah cara resetnya ya itu dengan lepas batrai cmosnya

Balas

memang tidak semua orang mengetahui fungsi batrei cmos mas.padahal besar gunanya
yg penting pc bisa dioperasikan dan bila rusak dibawa kebengkel

Balas

ine syntia termasuk anggota manis manja grup bukan ya?

Balas

Ternyata penting sekali keberadaanya Batterai CMOS Pada Laptop/Komputer ya Mas Ainnul, baru tau saya fungsi dari battrai itu deh. makasih atas infonya Mas*salam sukses

Balas

Betul Mas Arie saya pun ngalamin hal seperti itu, saat battrai CMOS Di PC sasya error windows saat on meminta F1 Dan setelah saya ganti battrai cmos nya bener lagi deh :)

Balas

harganya tidak terlalu mahal ditempat saya satu keping batrei Cmos sekitar Rp.5000

Balas

Jadi begitu ya mas, ternyata baterai cmos penting untuk komputer kita saya malah baru mengetahui hal ini.

Balas

Nice Info,,, infonya bagus bagus blog ini, ijijn follow yaaa, :)

Balas

blm lama suami sy juga baru ganti cmos pc nya, harganya 5000 rb deh kalo gak salah :)

Balas

Kalo masih blm bener gimana pake F16 kali ya :)

Balas

Pernah juga ngalamin hal yg sama, emang bener deh kalo cmos punya peran penting bgt ya :)

Balas

Oh baru tahu saya ternyata laptop saya ada baterai cmos nya yah mas, makasih infonya :)

Balas

batre cmos ini brarti bisa menjadi sumber penyebab masalh dikompi ya...mesti dicek nih

makasih mas

Balas

kalo F16 kayaknya belom ada yang Nyiptain deh wkwkwk

Balas

betul sangat itu gan lepas batre cmos solusinya :D

Balas

iya mas dan semoga dengan ada nya tutorial ini kita" khususnya tidak lagi kebengkel :D

Balas

iya pak sama sama dan salam sukses kembali :)

Balas

iyaa mas betul itu :) karena pc tanpa cmos bagaikan sayur gak pake garem :V

Balas

silahkan di cek mas iya sama sama :)

Balas

Sempat bingung tentang batere CMOS. Ternyata maksudnya batere Bios toh mas.. Hehhehe owalahhh

Balas

Silahkan Isi Komentar Bila Perlu :)
#Dilarang Memberi Komentar Yang Berbau sara/Memancing Keributan
#Dilarang Menyimpan Link Hidup/ Spam
#Jika Ada yang Ingin ditanyakan Langung saja Isi Komentar OK :)

 
-->