teori dasar dari dioda Versi Cinta Teknologi

Teori Dasar Dioda, Simbol Umum Dioda, Struktur Dioda Untuk pertama kalinya,Bias Maju Dioda, dan Bias Mundur pada dioda Cinta Teknologi -.
Assalamualaikum .. sahabat sahabat Cinta Teknologi semua selamat siang menjelang sore  setelah kemarin saya menjelaskan mengenai sejarah dan pengertian dari Komponen Elektronika diode, maka pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas adalah Simbol Umum Dioda, Struktur Dioda Untuk pertama kalinya,Bias Maju Dioda, dan Bias Mundur pada dioda.

I. Simbol Umum Dioda
Dioda Sendiri disimbolkan dengan gambar anak panah tapi bukan panah asmara arjuna lohh ..  :D tapi Anak panah yang pada ujungnya terdapat garis yang melintang. Simbol tersebut Merupakan  perwakilan dari cara kerja dioda itu sendiri. Pada pangkal anak panah tersebut biasa disebut juga dengan nama anoda (kaki positif = P) dan kalau ujung anak panahnya biasa disebut katoda (kaki negative = N).

Simbol Umum Dioda
Simbol Umum Dioda

II. Struktur Dioda Untuk Pertama Kalinya
Plate dirancang Sedemikian rupa mengelilingi katoda, kemudian didalam katoda sendiri ditanam sebuah heater, dengan maksud agar pada saat katoda dipanaskan maka, electron yang ada pada katoda tersebut akan bergerak menuju plate. Gambar Di bawah Menunjukan Struktur Komponen Elektronika Dioda Untuk yang pertama kalinya :

Struktur Dioda Untuk Pertama Kalinya
Struktur Dioda Untuk Pertama Kalinya
III. Bias Maju Dioda
Lapisan yang melintang antara sisi P dan sisi N diatas disebut sebagai lapisan deplesi (depletion layer), pada lapisan lapisan deplesi (depletion layer) ini terjadi proses keseimbangan hole dan electron. cara kerja dioda pada saat diberi bias maju : electron akan bergerak dari terminal negative batere menuju terminal positif batere (berkebalikan dengan arah arus listrik). Elektron yang mencapai bagian katoda (sisi N dioda) akan membuat electron yang ada pada katoda akan bergerak menuju anoda dan membuat depletion layer akan terisi penuh oleh electron, sehingga pada kondisi ini dioda bekerja bagai kawat yang tersambung. Gambar di bawah merupakan gambar karakteristik dioda pada saat diberi bias maju.

Bias Maju Dioda
Bias Maju Dioda
IV. Bias Mundur Dioda
pada bias mundur electron ini sudah pasti Berkebalikan dengan bias maju, Cara Kerja Dari Bias Mundur dioada ini sendiri yaitu bergerak dari terminal negative batere menuju anoda dari dioda (sisi P). Pada kondisi ini potensial positif yang terhubung dengan katoda akan membuat electron pada katoda tertarik menjauhi depletion layer, sehingga akan terjadi pengosongan pada depletion layer dan membuat kedua sisi terpisah. Pada bias mundur ini dioda bekerja bagaikan kawat yang terputus dan membuat tegangan yang jatuh pada dioda akan sama dengan tegangan supply.

Bias Mundur Dioda
Bias Mundur Dioda
Semoga Artikel yang saya bagikan ini memberikan manfaat yang berlebih kepada sahabat Cinta Teknologi Semua saya cukupkan saja sampai disini wassalamualaikum Wr.Wb

LINK DOWNLOAD MATERI : >>_DOWNLOAD_MATERI_INI_<<
Terima kasih telah membaca artikel tentang teori dasar dari dioda Versi Cinta Teknologi di blog KomtekNews jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

22 komentar

Ini pelajaran SMA dulu kalo gak salah deh...

Balas

Waduh ... saya malah ga mudheng tentang hal ini... :D
Kalau dulu jaman SMP, saya belajar masalah ini ... tapi udah agak lupa gitu ...

Balas

Runtun banget nih mas penjabarannya
Saya teruskan infonya ke anak sy :)

Balas

bagus nih mas,untuk pembelajaran bagi yang suka elektronika

Balas

sama mas,saya dulu nggak ingat sekarang lupa deh.hehehe.untung mas ainul rela berbagi untuk kita-kita

Balas

mau didownload dulu daripada penasaran iihh...

Balas

inih yg seperti kaca ya Sob..!,..yg mirip resistor ya..!

Balas

Saya baru tahu malah he.... Makasih mas ilmunya sangat bermanfaat :)

Balas

Ga mudeng mas... (Tepok Jidad) saya coba pahami pelan pelan ya mas.. :)

Balas

Aku numpang nyimak saja deh mas hehe soalnya dulu aku bukan sekolah bagian eletronik jadi kurang paham gitu :D

Balas

waaah....banyak ilmu pengetahuan disini.. mkasih.

Balas

@IQROZEN Emang gak salah gan :v tapi kalo saya mempelajari sewaktu di smk :D

Balas

@Mohammad Fanirifanto
hehehe kalo udah lupa wajar gan kan udah lama :)

Balas

@yanto cungkup Hehehe iya kang :) hehe iyaa donk saya kan baik hati :v

Balas

@Nenk Ratugak usah penasaran mbak kand materi yang di download + yang disini kagak ada bedanya :v

Balas

sinih saya ajarin di sekolahan.
nanti saya panggilin gurunya

Balas

Silahkan Isi Komentar Bila Perlu :)
#Dilarang Memberi Komentar Yang Berbau sara/Memancing Keributan
#Dilarang Menyimpan Link Hidup/ Spam
#Jika Ada yang Ingin ditanyakan Langung saja Isi Komentar OK :)

 
-->