Pengertian dan Fungsi Winbox dalam jaringan Cinta Teknologi

Apa itu winbox dan buat apa fungsinya ? Cinta Teknologi
Assalamualaikum sahabat sahabat Cinta Teknologi selamat siang dan selamat datang di cinta teknologi. setelah beberapa hari ini saya menghilang di cinta teknologi ini maka kali ini saya datang kembali dengan membawa materi lanjutan mengenai seputar jaringan dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa itu winbox dan untuk apa fungsinya.

Apa itu winbox dan buat apa fungsinya ? Cinta Teknologi

Baca Juga Materi Jaringan Lainnya :
Susunan Kabel Jaringan Croos dan Straight standar internasional.
Cara Sharing data di os windows dengan mudah.

Pengertian Winbox
Winbox adalah sebuah software jaringan yang berfungsi sebagai konektivitas dan konfigurasi MikroTik dengan menggunakan MAC Address atau protokol IP. Dengan winbox sahabat akan lebih mudah dan nyaman dalam melakukan konfigurasi MikroTik RouterOS Mengapa ? dikarenakan keunggulan dari winbox ini sahabat dapat mengkonfigurasi mikrotik langsung dari komputer Client dan dengan mode GUI sehingga lebih memudahkan sahabat dalam prosses penyetingan jaringan di mikrotik.

Winbox ini banyak digunakan di sistem operasi windows namun untuk sahabat yang menggunakan sistem operasi linux jangan khawatir winbox ini juga bisa di gunakan di linux dengan bantuan dari software wine.

Cara Menggunakan Winbox
Cara menggunakan winbox sendiri tidaklah sulit pertama klik 2x software winbox sampai terbuka jika sudah terbuka isikan connect to dengan ip routernya kemudian isi login + password nya dan selamat menyetting jaringan mikrotik

Tool Tool yang terdapat dalam winbox

Apa itu winbox dan buat apa fungsinya ? Cinta Teknologi

Berikut sedikit penjelasan mengenai tombol dan tulisan pada bidang layar winbox loader:
[...] - Digunakan untuk menemukan dan menunjukkan perangkat MNDP (MikroTik Neighbour Discovery Protocol) atau CDP (Cisco Discovery Protocol). Sederhananya untuk menemukan perangkat MikroTik RouterOS yang terhubung ke jaringan Anda.
Connect - Digunakan untuk terhubung ke RouterOS.
Save - Digunakan untuk menyimpan alamat, login, password, dan catatan. Entri yang disimpan akan ditampilkan di bagian bawah jendela loader.
Tools - Digunakan untuk menjalankan berbagai fungsi, seperti menghapus semua item dari daftar, membersihkan cache pada disk lokal, impor alamat dari file WBX atau ekspor ke file WBX.
Connect To - Tujuan IP atau MAC Address dari Router.
Login -  Username yang digunakan untuk otentikasi.
Password - Sandi yang digunakan untuk otentikasi.
Keep Password - Jika dicentang, sandi tidak disimpan ke dalam daftar.
Secure Mode - Jika dicentang, winbox akan menggunakan enkripsi TLS untuk mengamankan sesi.
Load Previous Session - Jika dicentang, winbox akan mencoba untuk mengembalikan semua jendela yang dibuka sebelumnya.
Note - Deskripsi router yang akan disimpan ke dalam daftar.

Fungsi Winbox
Fungsi utama winbox adalah untuk setting yang ada pada mikrotik,  berarti tugas utama windox adalah untuk menyetting atau mengatur mikrotik dengan GUI, atau tampilan dekstop
fungsi winbox lebih rinci adalah
1. Setting mikrotik routher
2. Setting Limit Bandwitch jaringan
3. untuk setting blokir sebuah situs
4. Setting Login Hotspot
5. Setting pengaman jaringan
6. dan masih banyak yg lainnya.

Baca Juga Artikel lainnya :

Semoga Apa yang saya bagikan ini memberikan manfaat kepada sahabat cinta teknologi semua wassalamualaikum wr.wb



Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengertian dan Fungsi Winbox dalam jaringan Cinta Teknologi di blog KomtekNews jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

33 komentar

pernah nyoba nih dulu buat ngatur bandwidth sama blokir situs via mikrotik......

Balas

Makasih banyak infonya gan, lumayan nambah ilmu :)
oh ya blog anda sudah saya follow, Mohon follow balik blog saya ya :) salam blogwalking

Balas

banyak juga fungsi inbok ya mas, kalau gak salah ini digunakan untuk remote salah satu alat produk dari mikrotik ya. routherboard lebih tepatnya, saya punya lisensi banyak tapi belum pernah di gunakan,wakakaka kebetluan sudah lolos dari MTCNA

Balas

Thank's infonya gan...udah lama mau belajar mikrotik tapi blom kesampean..

Balas

kalo di komputer saya gak ada Mas, nah kalo di laptop ada tuh Winbox, tapi beneran gak tau fungsinya buat apa, karena saya selalu pake modem... ternyata seperti di atas yah manfaat nya... makasih Mas atas penjelasannya ... :)

Balas

winbox, banyak keunggulannya ya, keren banget nih alat :P

Balas

gk nerti gk pernah nyoba, numpang koment aja soalnya udh ngantuk nih om yaqin gpp ya

Balas

sekarang udah sampai tingginya belom?

Balas

wahhh rumit banget ya pengetahuan
saya malah baru tau kalo winbox bisa seekspres itu menenteramkan kita

Balas

saya mumet blas kalau masalah jaringan gini mas cuma yang saya tau mikrotik buat ngebatasin bandwith doang haha

Balas

Waduuh, asli saya mah gak ngerti nie *disitu kadang saya merasa sedih :D

Balas

ada ms buat ngintipin kuman yang lagi mandi :3

Balas

Iyaa bener ms purr 100 dehh buat mas pur :)

Balas

Kalo saya sihh masih sedang mas zach masih masa pertumbuhan sih :D

Balas

bayarnya langsung ke saya jan ke mas zach :D
Iyaa sama sama kang

Balas

hehe dengan main kesini jadi tau banyak soal jaringan kan ? :D

Balas

ati atu jan nangis disini yah mas marnes banyak anak kecil soalnya :v

Balas

saya ngga pernah merhatiin fungsi dari winbox pada jaringan koneksi yang setiap saat dipergunakan, ngga tau selamanya kalau saja tidak disuguhi pengertian dan fungsinya dari blog keren ini.
makasih kang

Balas

iya cuma ada dikit bingung sama istilah-istilah aja hehe

Balas

Wah saya kurang paham soal perangkat yang ginian, tahunya make, karena saya tergolong user, berkunjung kesini jadi tahu sedikit. Mohon ijin untuk mempelajari lebih lanjut mas, semoga makin paham....

Balas

hahaha jan nangis yah kang marnes

Balas

Silahkan Isi Komentar Bila Perlu :)
#Dilarang Memberi Komentar Yang Berbau sara/Memancing Keributan
#Dilarang Menyimpan Link Hidup/ Spam
#Jika Ada yang Ingin ditanyakan Langung saja Isi Komentar OK :)

 
-->