Kode Warna Kabel Straight dan Cross Standar Internasional Cinta Teknologi

Susunan Warna Kabel jaringan Straight dan Cross Sesuai Standar Internasional - Cinta Teknologi
Assalamualaikum .. sahabat sahabat cinta teknologi semua selamat datang dan selamat berjumpa kembali dengan saya admin cinta teknologi. Seperti biasa saya akan membagikan informasi seputar komputer disini, Setelah kemarin saya menjelaskan mengenai Pengenalam Perangkat yang biasa digunakan untuk pengkabelan jaringan. Nahh maka di kesempatan kali ini saya akan membagikan Informasi Mengenai " Susunan Warna Kabel Jaringan Straight dan Crossover Sesuai dengan Standard Internasional.

Baca Juga Artikel Lainnya :
Perangkat yang digunakan untuk pemasangan Kabel jaringan.
Perbedaan kabel STP dan UTP.

Perlu sahabat Ketahui jika Kabel jaringan itu ada 2 jenis yakni :

  • Kabel Straight (Lurus)
  • Kabel Cross (Silang)
Lahh Terus Untuk fungsi dari kabel Straight dan cross ini untuk apa ? Oke akan saya jelaskan Fungsi Kabel Straight dan Croos.
  • Fungsi Kabel Straight, digunakan untuk perangkat hardware jaringan yang bebeda misal, Modem Ke Hub, Modem Ke PC, PC ke Switch dan intinya Fungsi Kabel Straight ini untuk yang berbeda jenis
  • Fungsi Kabel Croos, Fungsi inti dari kabel Cross ini adalah untuk jenis hardware yang sama contohnya, PC ke PC, Switch ke Switch, Routerboard ke routerboard.
Untuk Sususnan Kabel warna Jaringan straight dan Cross Sendiri sangat sederhana dan berikut susunan warnanya :

Untuk Kabel Straight :
  1. Putih Orange 
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat 
  8. Coklat
Susunan Warna Kabel jaringan Straight dan Cross Sesuai Standar Internasional
Susunan Kabel Jaringan Straight
Dan Untuk Sususnan Kabel Jaringan Cross Sendiri adalah :
  1. Putih Hijau
  2. Hijau
  3. Putih Orange
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Orange
  7. Putih Coklat
  8. Coklat
Susunan Warna Kabel jaringan Straight dan Cross Sesuai Standar Internasional
Susunan Kabel Cross
Baca Juga Artikel Jaringan Lainnya :

Bagaimana ? untuk susunan kabel jaringan Straight maupun kabel Jaringan Cross ini tidaklah sulit bukan ? namun ada satu hal yang musti diperhatikan yakni jangan tegang karena jika sampai tegang sudah pasti kode warna yang sahabat susun bisa berantakan bahkan salome (Satu Lubang rame rame) jadi intinya pada saat pemasangan rileks aja okee dan semoga Urutan Kabel warna Jaringan yang saya bagikan ini bermanfaat.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Kode Warna Kabel Straight dan Cross Standar Internasional Cinta Teknologi di blog KomtekNews jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

52 komentar

untuk kabel straight bisa juga tanpa susunan kode warna... asal pin 1-8 sejajar :)

Balas

Wah ini saya belum paham, walaupun sudah sering dapat dan menggunakannya tapi tidak pernah memperhatikan mas...

Balas

nah kan ternyata ada standar tertentu untuk kabel yang diterapkan secara internasional kan.
nah, kira2 tujuannya apa ya Mas ada standar begitu?

Balas

wahh, harus disetrap deh kayaknya nih

Balas

nah yang penting berbaris sejajar kan
sini pasukan bariis

Balas

Ternyata ada standar ibternasionlnya untuk urutan pemasangan warna kabelnya memasang yang srjar enak tingal. mengurutkan saja kalau untuk yang silang agak ribet menghafalnya karena ga silang silang amat

Balas

dari ngebahas kabel nyambung ke salome =))) muahahahaaaaaaaaaa
wah aku belum pernah belajar kabel kabelan gini mas, yang pernah aku pelajari itu gelang warna resistor ._.

Balas

dulu waktu SMA pernah diajarin kayak gini, tapi sekarang udah lupa warna susunannya.. thanks udah share mas, jadi ingat lagi :)

Balas

jadi ada 8 kabel utama dalam kabel UTP straight dan cross ya mas, makasih deh infonya langsung di simpen dulu

Balas

wah kurang paham sob bukan akan teknisi hehehe

Balas

wah klo sudah bahas kabel saya bingung mas, tpi gpp saya mau meramaikan blog ini aja, biar rame dan tambah banyak pengunjung. kabel itu sangat Memumetkan saya. hehhe

Balas

waduuuh saya mah belum paham yang beginian mah kang, pliss jangan setrap saya ya :D

Balas

pengen ngerti masalah listrik dan kabel-kabelan *nyimak*

Balas

Klo ada yg salah 1 ja gak berfungsi ya gann....

Balas

udah kayak anak pramuka aja mas...pake baris segala...

Balas

Haduh ... ga mudeng aku soal kabel2an. Paling banter ya main tamiya :D

Balas

Untungnya semua kabel sudah tersusun rapi ya mas, Jadi kita tinggal pasang ke slot masing masing hardware. Kalo pasang manual pasti lumayan sulit, Tapi sekarang sudah tau susunan yang benarnya

Balas

Pernah punya pengalaman waktu kuliah masang kabel seperti ini. Maklum waktu itu masih awam jadi kudu jeli dan teliti ketika masukin ke dalam RJ45 nya, giliran di press pake crimping tool malah ga ada bunyi klik. Alhasil ngulang dari awal lagi. Bagus mas artikelnya, mudah dipahami.

Balas

saya kalau pasang kabel jaringan, kadang asal, yang penting susunannya sama dan bisa connecting, kalau gak bisa, baru minta bantuan yang ahli.hehe

Balas

Lumayan nambah ilmu, :)
oh ya blog anda sudah saya follow, Mohon follow juga blog saya ya :)

Balas

bener gan, klo saya sukanya begitu yang penting berbaris dan berurutan hehe

Balas

kalo sudah ke kode2 begitu terasa rumit buat saya,
tapi jadi mudah dengan penjelasan diatas

Balas

kalo untuk dirumah tidak apa apa sihh berurutan juga tapi kalo lagi ujikom saya sarankan pake yang standar internasional alasannya nanti pas dipotong palanya 1 terus disuruh nyambungin yang cross kan sibuk sendiri nantinya :v

Balas

untuk lebih mempermudahh dalam pemasangan jaringan mas zach :)

Balas

iyaa ada mas agar lebih mudah dalam pemasangan jaringan nya mas :) dan kagak terlalu ribet koo kalo sudah terbiasa mah :)

Balas

kalo saya jaringan ama elektronika udah dilahap mentah mentah mas :D

Balas

iyaa mas indra sama sama semoga informasi mengenai urutan kabel jaringan yang saya bagikan ini bermanfaat

Balas

silahkan disimpen mas moga bermanfaat yah :)

Balas

hahaha okeee saya maklum aja dehh dari pada nanti nangis :v

Balas

hahaha hayooo sama sama belajar kang saya juga masih belajar ko :D

Balas

Kgak nyantai aja mas saya kan baik hati :v

Balas

ini masalah jaringan mas bukan listrik wkwkwk

Balas

iyaa kang makannya dalam memasang kabel jaringan ini musti hati hati :)

Balas

wahhh masa ? haha padahal asal asalan bikinnya sekeinget doang :v

Balas

okee siapp makasii kang sudah follow

Balas

alhamdullilah dong yah sesuatu :v

Balas

Hmmm dan saya baru tahu kalau ternyata ada standarnya juga ya kabel2 ini , pengetahuan baru nih hehehe

Balas

apa coba yang Mas Ain nggak tahu dan nggak bisa?
tahu semua, pinter banget dia. mari kita kasih penghargaan

Balas

Alhamdullilah yah dapet ilmu baru :)

Balas

jan muji kang itu juga tohh saya dapet waktu saya smk :v

Balas

Silahkan Isi Komentar Bila Perlu :)
#Dilarang Memberi Komentar Yang Berbau sara/Memancing Keributan
#Dilarang Menyimpan Link Hidup/ Spam
#Jika Ada yang Ingin ditanyakan Langung saja Isi Komentar OK :)

 
-->