Sejarah Pengertian dan Fungsi Motherboard dalam Komputer Versi Cinta Teknologi

Sejarah Motherboard Pengetian Motherboard dan Peranan atau Fungsi Fungsi Utama Dari Komponen Hardware yang bernama Motherboard bagi PC atau Personal Computer - Cinta Teknologi
Assalamualaikum .. sahabat sahabat Cinta Teknologi selamat berjumpa kembali dengan saya semoga kabar sahabat Semua dalam keadaan sehat walafiat :) Setelah pada kesempatan sebelumnya saya membahas mengenai Sejarah Hardisk dari masa ke masa. Nahh maka sekarang Gilirannya saya membahas Motherboard. Tahukah sahabat apa itu Motherboard dan untuk apa Fungsinya ?

Jika sahabat Belum tahu saya sarankan kepada sahabat untuk meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel ini dikarenakan insya allah akan memberikan manfaat yang berlebih :).

Sejarah Motherboard - Motherboard pertama Kali diciptakan oleh produsen Komputer terkemuka pada saat itu yang bernama apple untuk Apple II pada Tahun 1977. Perlu juga sahabat ketahui perbedaan Motherboad pada pertama kali ditemukan dengan motherboard masa sekarang itu sungguh sangat berbeda jauh dengan Motherboard dengan Motherboard Zaman Sekarang. Dan Jika sahabat mau bukti nyata bisa langsung sahabat lihat di gambar bawah perbandingan Motherboard dulu yang pertama kali di buat dan Motherboard tercanggih di tahun 2014
Sejarah Motherboard dan Fungsi Motherboard bagi PC
Motherboard Terbaru dan Tercanggih tahun 2014

Sejarah Motherboard dan Fungsi Motherboard bagi PC
Motherboard yang Pertama Kali Dibuat Oleh Apple


.
Perbedaan yang paling mencolok adalah Komponen I/O atau Komponen Input outputnya yang ada di belakang casing yang meliputi : Port PS2, Port USB, Port Sound, Port Lan RJ45, Port VGA, Port Pararel, Dan Port Serial. Kalo dulu Komponen I/O itu terpisah dalam kartu atau card masing masing beda dengan Zaman Sekarang yang sudah menempel pada motherboard kalo dulu tidak.

Sejarah Motherboard dan Fungsi Motherboard bagi PC


Pengertian Motherboard : Mother berarti Ibu dan board artinya papan. Nahhh jadi disini dapat disimpulkan jika Motherboard itu adalah Ibu nya komputer mengapa demikian ? dikarenakan Fungsi dari Motherboard ini untuk menghubungkan berbagai Periperal atau Komponen hardware yanga ada pada komputer.

Coba sahabat bayangkan jika suatu Komputer tidak ada motherboardnya mau disimpan dimana Processor nya ? Mau disimpan dimana RAM nya mau Disimpan dimana Kabel Sata dan IDE ?
Nahh maka dari itu saya tekan kan bahwa Fungsi Dari motherboard ini sangat penting sekali Dikarenakan  Fungsi dari Motherboard ini bukan hanya untuk Menghubungkan Periferal namun Motherboard juga berfungsi untuk Menggerakan Komponen Komponen hardware agar berfungsi sesuai dengan fungsinya yang diatur oleh Chip Chip yang sudah tertanam di motherboard.
dengan kata lain Motherboard juga bisa dikatakan sebagai tulang punggung (backbone) dari sistem komputer, dikarenakan semua komponen komputer pasti terhubung dengan motherboard, baik langsung maupun tidak langsung.

dan Untuk Fungsi fungsi bagikan Motherboard nya mungkin akan saya bagikan di lain waktu hehe :D dan mungkin Informasi yang saya bagikan kali ini mengenai Sejarah, Pengertian dan Fungsi Utama dari Motherboard ini saya cukupkan sampai disini semoga apa yang saya bagikan ini benar benar memberikan manfaat yang berlebih terutama di pengetahuan dasar komputer dan okelahh saya cukupkan wassalamualaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Sejarah Pengertian dan Fungsi Motherboard dalam Komputer Versi Cinta Teknologi di blog KomtekNews jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

42 komentar

Mbak agak menyimpang sedikit, motherboard cpu saya tidak ada buku petunjuknya karena saya beli seken. Nah kira-kira kalau saya downlod buku petunjuknya di situs resminya, itu sama persis gak yah dengan yang dicetak.

Balas

kalo gambarnya sama persis berarti sama :D

Balas

beuh ini nih artikel semacam ini yang sangat saya suka, dapat menambah wawasan juga pengetahuan apalagi buat anak - anak sekolah yang lagi banyak tugas dari guru computernya tentu akan sangat berguna sekali. salam sukses

Balas

Terima kasih infonya Mas Ainnul..
Komputer tanpa motherboard adalah ibarat kopi tanpa gula...
eerr...betul ke perumpamaan ni??..hehe

Balas

Motherboard sangat pnting akan peranan PC kita ya mas , , kalau di ibaratkan adalah bdannya :D , , untuk pengetahuan tentang komputer rasanya sudah jngn diragukan lagi , Mas Ainnul Yaqin memang top markotop :D . .trims sudah berbagi Sejarah Pengertian dan Fungsi Motherboard dalam Komputer .

Balas

nah ini saya suka mas inul, ga terlalu sukar cuma baca aja sejarahnya, tambah pengetahuan, simak tuntas kayaknya mah mas ainul, trims yaa..

Balas

@kang Ridha : Insya allah sama kang dan ngomong ngomong saya cowo :v
@Kang Sucipto : nahhh saya setuju :D

Balas

hehe iyaa mas insya allah bermanfaat dan salam sukses kembali :)

Balas

insya allah betul mbak :) dikarenakan komputer tanpa motherboard tidak akan bisa digunalkan :)

Balas

setelah dibaca tetep aja ga ngerti apa itu kabel sata IDE, Periferal, de el el, wkwkwk.. gimana atuh pengen ngerti

Balas

ahahaha saya juga masi newbie kok mas :D
iyaa sama sama semoga informasi nya bermanfaat :)

Balas

hahaaha nanti saya akan bahas lebih mendetail agar mbak santi ngerti wkwkwk

Balas

banyak sekali ya fungsi dari matherboard, memang seharusnya kita memahami seluk beluk dari hal termudah atau terkecil untuk bisa menguasai komputer dengan baik.terimakasih infonya gan

Balas

oh penemunya mang Apple toh, berarti sampai sekarang dapat royalti terus tuh...
kalo tempat penghubung buat HP disebut motherboard juga ya... seperti Pcb :)

Balas

Saya pernah dpet info kalo motherboard pas awal keluar gedenya bisa selemari pakaian mas..

Balas

Lebih bagus yg pertama ya gan. Lebih rapi hahhahaa

Balas

kalo ngebaca seputar teknologi paling enak nih
soalnya saya gaptek..wkwk

kunjungan perdana saya nih,,
besok kita ngoblol lagi..
oh iya.. sebelumnya salam kenal dari saya..

bobok dulu akunya sob.. wkwkwk

Balas

Semakin lama bisa semakin pintar Saya ini Mas kalau sering sering berkunjung kemari, soalnya artikel yang disuguhkan selalu penuh dengan manfa'at dan pengetahuan yang mendalam si.
thks wat semua informasi seputar sejarah komputer dan komponen komponen nya Mas

Balas

Awalnya sering denger istilah ini, cuma sekarang dikit2 jd ngerti deh :)

Balas

Bah, mas Arie suka ngerendah tuh, mas

Tapi emang betulan ya, setiap kita berbagi ilmu kita gak berkurang
Bahkan malah terus nambah n nambah

Balas

haha..mbak ainnul...terkesan feminim mas :))

Balas

tambah paham ajah masalah perkomputeran tiap kunjung kesini, jadi tahu juga sejarah motherboard..

Balas

edunnn ampun mas jangan bully saya :v

Balas

iya sama sama gan dan saya setuju dengan apa yang kang purnama :)

Balas

kalo hape saya kurang tahu tuh wkwkwk tapi iyaa sihh bisa juga di sebut Motherboard

Balas

kalo itu komputer generasi pertama mungkin mas :v

Balas

ohh haha iyaa silahkan mas dan sekarang waktu nya bangun dan mandi :v

Balas

wahh mas arie suka ,merendah nih saya jadi malu :v
nah betul tuh mbak sus saya setuju :)

Balas

alhamdullilah deh mbak kalo udah mulai ngerti mah sepp :)

Balas

Seharunya aku harus lebih paham tentang perkomputeran supaya tidak gaptek kalau ada masalah dengan komputer saya ini hehe

Balas

Wah baru ngeh nij Hiehiheiheihe. Soalnya kalau PC saya error maunya sih langsung kasih ke Bengkel Komputer aja biar bers hiiehiheieee

Balas

saya pernah baca klo motherboard keluaran apple tahun 1977 itu dilelang dengan harga miliaran rupiah, klo diliat lagi motherboard 1977, itu letak slot processor sebelah mana ya mas??

Balas

kalau gak ada mother board maka gak ada komputer gan ya. dan sekali melihat motherboard komputer yang jadul jadi mau ketawa sendiri, tapi salute buat apple, karena dia makanya ada perkembangan motherboard seperti sekarang. ok terima kasih atas info motherboardnya.

Balas

perkembangan motherboard hari demi hari semakin pesat ya. Kalau tidak ada motherboard, waduhh... tidak ada juga komputer..

Balas

perkembangan teknologi gan jadi semakin maju sekarang tidak tau bagaimana beberapa tahun lagi yang pasti motherboard tahun 2014 akan terlihat jadul...
salam kenal gan, nice share...

Balas

haha betul sekali itu mbak :v iyaa mbak slam kenal juga :)

Balas

Silahkan Isi Komentar Bila Perlu :)
#Dilarang Memberi Komentar Yang Berbau sara/Memancing Keributan
#Dilarang Menyimpan Link Hidup/ Spam
#Jika Ada yang Ingin ditanyakan Langung saja Isi Komentar OK :)

 
-->