Komponen atau Perangkat yang ada di Motherboad Beserta Fungsinya Versi Cinta Teknologi

Komponen Komponen yang ada pada Komponen Hardware Motherboard Beserta Fungsi Fungsi nya Cinta Teknologi -  Assalamualaikum .. sahabat sahabat Cinta Teknologi semua selamat datang di gubuk reot saya ini :v selepas pada pertemuan yang lalu saya memberikan informasi mengenai Sejarah Pengertian dan Fungsi dari Motherboard nah maka pada kesempatan  kali ini yang akan saya bahas adalah mengenai Komponen komponen Yang ada di dalam Motherboard.

Untuk Komponen nya sendiri di dalam motherboard ini ada banyak sekali lohh namun jangan risau dan cemas disini insya allah akan di bahas secara detail insya allah :)

Baca Juga Artikel Lainnya :
Sejarah Monitor Dan jenis jenis nya.
Sejarah Laptop .

Komponen yang tersedia di Motherboard meliputi :

  • Soket atau Slot Processor, Fungsi dari Soket processor ini adalah tempat disimpannya Processor. Jadi bisa dibayangkan bukan jika Motherboard tanpa soket Processornya mau disimpan dimana ? kalo disimpan disaku kan tidak mungkin :v untuk Jenis soket nya sendiri terdapat 2 Jenis yakni LIF (Low Insertion Force) Model lama yang sudah jarang ditemui dan yang satunya lagu bernama ZIF (Zero Insertion Force) nahh kalo zip ini adalah soket terbaru yang sudah pasti ada didalam Motherboard.
Komponen Motherboad Beserta Fungsinya
Soket Processor
  • North Bridge, Posisi dari Northbridge sendiri dekat dengan Processor. Mengapa demikian ? nahh dikarenakan Fungsi Utama dari North Bridge sendiri Sebagai Titik Fokus Motherboard. Northbridge sendiri Selalu tersambung dan mengontrol Komponen lain seperti  Soket Processor, Ram dan Slot Agp jadi karena itulah NorthBrigde ini selalu disebut dengan sebutan Memory Controler Hub.  
  • SouthBridge. Jujur nihh sob saya suka ketuker nama dan fungsi dari Slot Southbridge dan NorthBridge ini :D tapi kalo di artikel ini insya allah aman dikarenakan baca dulu sebelum posting :v Ohh iyaa Fungsi dari SouthBridge ini yaitu Untuk mengatur dan sudah pasti tersambung dengan Komponen yang ada disekitarnya seperti Bios, Slot SATA, SLOT ATA, Slot PCI, dan Slot Flopy (Sekarang sudah jarang). agar Slot north dan southbridge tidak tertukar lihat gambar dibawah 
Komponen Motherboad Beserta Fungsinya
North dan South Bridge

  • Slot Memory atau slot Ram, Fungsi utama dari Slot Ram ini sudah pasti tempat disimpan nya ram dan ingat slot ram ini dari setiap Motherboard itu berbeda beda tergantung spesifikasi Motherboard nya Dikarenakan Untuk Ram nya sendiri ada banyak jenis nya contohnya : Sodim, Edo Ram, SDRAM, DDR1,DDR2,DDR3 Dan lain lain.
Komponen Motherboad Beserta Fungsinya
Slot Memory atau RAM


  • Slot AGP (Accelerated Graphics Port) Nahh dari kepanjangannya saja ada kata Graphics sudah dapat dipastikan jika fungsi dari Slot AGP ini berhubungan dengan Grafik namun bukan berarti Fungsinya langsung ke Grafik namun membutuhkan Kartu Grafik atau lebih dikenal dengan VGA CARD Dikarenakan Fungsi dari Slot AGP Sendiri yaitu tempatnya dipasang VGA CARD.
Komponen Motherboad Beserta Fungsinya
Slot AGP
  • Slot PCI (Peripheral Component Interconnect). Fungsi dari Slot PCI sendiri adalah tempat terpasang nya Perangkat Tambahan yang diperlukan Oleh Komputer Seperti : Lan Card, Sound Card, TV Tunner dan Lain sebagainya.
Komponen Motherboad Beserta Fungsinya
Slot PCI
  • Batre CMOS Dan Slot CMOS (Complimentary Metal Oxide Semicondutor). Fungsi dari Slot Cmos nya adalah tempat ditempelkannya Batre Cmos. Dan Untuk Fungsi Dari Batre CMOS nya adalah Untuk Memasok Listrik dalam tegangan kecil namun memiliki sejuta manfaat :D eciee lebaynya :D :D dikarenakan Fungsi Utama dari Cmos ini Untuk  Menyimpan Settingan Bios dan Waktu pada Komputer Kita.

Komponen Motherboad Beserta Fungsinya
Slot CMOS Dan Batre CMOS
  • Konektor IDE Atau biasa disebut slot ATA (Primary and Secondary IDE Interfaces) Fungsi dari Slot yang satu ini adalah untuk Memasangkan Kabel Data Jenis ATA Yang terhubung ke hardisk dan CD-ROM.
Komponen Motherboad Beserta Fungsinya
Slot ATA

  • Slot SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Fungsi dari Slot SATA ini untuk Menancapkan Kabel data sata yang terhubung ke hardisk dan CD-ROM Jenis SATA.
Komponen Motherboad Beserta Fungsinya
Slot SATA

  • BIOS (Basic Input Output System). Fungsi Utama Dari Bios Sendiri Yakni Untuk Melancarkanya Proses Post atau biasa disebut dengan Power On Self Test.
Komponen Motherboad Beserta Fungsinya
BIOS




  • Port I/O (Port Input Output) Fungsi dari Port ini ada banyak Dikarenakan Komponen yang tergabung ke dalam Port I/O juga ada banyak contoh nya : Slot USB, Sound Card, Slot RJ45, SLOT PS2, Slot Serial, Slot Pararel Untuk Lebih jelasnya liat aja gambarnya yaa
Komponen Motherboad Beserta Fungsinya
PORT I/O


Baca Juga Artikel Lainnya :
Daftar Anti Virus Terbaik Di Dunia.
Jenis Jenis Bunyi Beep dan Cara Mengatasinya.

Aslinya ada beberpara slot yang tidak saya bahas disini dikarenakan sudah tidak lagi digunakan Contoh Slot yang tidak saya sebutkan adalah Slot ISA dikarenakan yaitu buat apa disebutkan tohh sudah tidak jaman tohh hehe dan Mungkin Untuk Postingan kali ini yang bertemakan Komponen Komponen yang Terdapat pada Motherboard beserta Fungsinya saya cukupkan sampai disini semoga Informasi yang saya bagikan ini memberikan manfaat yang berlebih kepada sahabat Cinta Teknologi semua saya tutup wassalamualaikum Wr.wB.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Komponen atau Perangkat yang ada di Motherboad Beserta Fungsinya Versi Cinta Teknologi di blog KomtekNews jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

48 komentar

hadeuh makin blenger aja nih otak kalau sudah membaca urusan komputer, jujur saja saya nol besar nih mas kalau urusan komputer, tapi artikel ini sangat menambah wawasan bagi saya, di tunggu banget artikel selanjutnya nih

Balas

inih sdh seperti homeschooling cinta..!
pengenalan komponen2 seperti inih,.. byk menambah pengetahuan ttg kerangka2 penyusun perangkat komputer..
tp klw diperhatikan.. komponennya seram2 ya Cinta.. !
baru tau juga kalw model bios seperti ituh.., maklumlah taunya cuma pake sj..Cinta..hehehe:)

Balas

hehehe sama.. tp sedikit membuka pemahaman kita soal MB inih Ya Mas..!?

Balas

lengkap bener pencerahan mengenai komponen yang ada dalam motherboard ini kang. . saya ijin bookmark ya kang, sapa tau kedepannya pngen rakit PC , jadi gax bingung dan takut salah nyolokin slot2nya hehe ,nicee postnya . .

Balas

komponen2 motherboard diatas memang perlu dipahami oleh setiap orang yg ingin lebih mendalami kompi yamas

Balas

tp saya tetep nggak faham kenapa saya gagal pertamax

Balas

mblenger koq masih nunggu sih?
saya bingung

Balas

point" yg lain, saya sedikit faham, yang baru update justru tentang northbridge & southbridge, saya baru tau tentang keduanya mas.
saya suka tes hidup matinya MB melalui northbridge ini, klo northbridge panas, berarti ada konektifitas, abis itu baru tes processor dan memory nya, baru sadar klo itu namanya northbridge, haha.
terima kasih mas infonya, dapet ilmu lagi.

Balas

kunjungan perdana mas, salam kenal :) sambil baca2 artikelnya yg bermanfaat. jujur saya belum terlalu ngeh sama jerohanya Motherboard, hehe

mampir ya dipostq yg baru :)

Balas

Vga jaman sekarang pakainya slot PCI express

Balas

Baterai Bios kalau sudah habis, mesti diganti sama yang baru. Baterainya mirip baterai jam tangan.

Balas

nonton yang lagi merangkai komputer aja ah, sambil belajar

Balas

Tak pernah saya terfikir...nak tengok dalam komputer ada apa...
Terima kasih Mas Ainnul atas perkongsiannya..

Balas

weh mantap sekali ya, saya suka post yang beginian nampak anak tinya hhahaha

Balas

Wah, belajar hardware di cinta teknologi pokoknya, trims mas...:D

Balas

sangat rinci ada gambarnya juga jadi aga ngerti komponen nya hehe

Balas

Setelah membaca ini saya jadi tau deh dengan perangkat2 yang ada pada komputer, makasih banyak gan :)

Balas

Aku serahin ini sama mas ainnul aja deh :D

Balas

Saya pernah ikut kursus komputer mas. jadi lupa, penjelasan ini membuka memori saya kembali

Balas

kalau cmosnya error karena kesalahan install/installer dari win xp menjadi win7, sehingga update tanggal jadi devoult cara memperbaikinya tanpa harus reinstall bisa tidak ya mas

Balas

sangat-sangat pusing, yang ada satt bongkar baut dilepas ada 5 dan saat dipasang cuma butuh 4 baut, terus kalau sudah terpasang, saatnya dinyalakan, langsung dech meleduk. hehe..

kagak mahir mas yang beginian, soalnya kabelnya saja kagak ada tuh, bener-bener komplit bikin pusingnya, hehe..

Balas

informasi yang di samapikan begitu detail mas,terimakasih infonya sangat bermanfaat.salam kenal :)

Balas

karena bangun nya terlambat jadi gak dapet :v mas

Balas

yahh begitulah komponen yang ada di Motherboard emang serem serem mas al tapi mau gimana lagi untuk anak TKJ wajib hafal itu semua komponennya

Balas

mungkin karena nama blogg sayanya ada kata cinta nya mas buret :)

Balas

iya mas apalagi anak TKJ wajib hafal itu :)

Balas

iya sama sama mas buret moga infonya bermanfaat :)

Balas

nahh itu dia mas betul banget soalnya kalo batre cmos nya gakdi ganti PC mas bisa error setingan waktu nya

Balas

silahkan mbak moga penegtauan mengenai daleman motherboardnya bermanfaat :)

Balas

hehe iyaa mbak saya sengaja memasukan gambarnya agar penjelasannya makin jelas dan dimengerti :)

Balas

Alhamdullilah deh iya masama mas :)

Balas

alhamdullilah semoga informasi nya bener bener membuka memory kang Koperasi :)

Balas

bisa mas tinggal masuk ke bios lalu setting settingan waktunya saja :)

Balas

Jadilah hidup seperti CMOS walaupun kecil tetapi mempunyai segudang manfaat

Balas

Silahkan Isi Komentar Bila Perlu :)
#Dilarang Memberi Komentar Yang Berbau sara/Memancing Keributan
#Dilarang Menyimpan Link Hidup/ Spam
#Jika Ada yang Ingin ditanyakan Langung saja Isi Komentar OK :)

 
-->