Cara Reset Bios Motherboard Komputer Dengan Mudah Cinta Teknologi

Tutorial Clear Cmos Komputer, Laptop, Notebook dan sejenisnya dengan mudah - cinta Teknologi
Assalamualaikum .. sahabat sahabat Cinta Teknologi semua selamat berjumpa kembali dengan saya admin cinta teknologi yang baik hari dan tidak sombong. Seperti biasa saya akan membagikan Informasi mengenai Ilmu Pengetahuan Komputer. Dan Ilmu Pengetahuan Komputer yang akan saya bagikan kali ini berjudul Tutorial Reset Bios Motherboard komputer dengan mudah atau kalo bahasa kerennya sih " Cara Clear cmos Komputer".

Baca Juga Artikel :
Cara Memperbaiki Komputer yang keluar Tulisan CMOS ERROR.
Cara Mengembalikan File yang disembunyikan Virus

Tahukah sahabat apa fungi dari clear cmos ini ? kalo belum tahu akan saya bahas ini sedikit mengenai fungsi dari clear cmos ini. Fungsi utama dari Clear Cmos ini yaitu untuk mengembalikan settingan awal bios. jadi intinya gini jika dulu nya sahabat memasang kata sandi pada bios dan kemudian kata sandinya lupa maka solusinya yaitu di Clear cmos.

Dan Untuk Fungsi dari Batre Cmos sendiri yaitu untuk tetap memberikan aliran Listrik kepada komputer walaupun komputer dalam keadaan mati. ohh iya di dalam motherboard itu sendiri terdapat 1 slot untuk batre cmos dan ingat kalo batre cmosnya sudah abis segera ganti ok :) Adapun singkatan dari CMOS itu sendiri adalah “Complementary Metal Oxide Semiconductor”.


Itu di atas Baru pengenalan saja dari CMOS dan sekarang saatnya ke langkah langkah reset bios motherboard nya.

  • Langkah Pertama sahabat terlebih dahulu Buka Casing CPU lalu cari Jumper CMOS dan ciri ciri dari jumper CMOS ini yaitu memiliki 3 buah kaki dan untuk mempermudah sahabat dalam mencari Jumper CMOS ini saya sudah sediakan gambarnya agar lebih jelas
Gambar Jumper CMOS :
Tutorial Clear Cmos Komputer, Laptop, Notebook dan sejenisnya dengan mudah
  • Posisi dari Jumper cmos itu sendiri tidak jauh dari batte cmos dan cara meresetnya adalah melepaskan jumper kemudian pasang antara pin yang ditengah dengan pin lain yang berlawanan. Misalnya saat awal pin yang tengah berhubungan dengan pin sebelah kiri, maka lepas jumper dan pasang jumper antara pin yang ditengah dan pin sebelah kanan. Setelah itu nyalakan komputer tunggu beberapa saat kemudian matikan Komputer dan kembalikan lagi posisi Jumper Cmos ini  pada kondisi semula.
Tutorial Clear Cmos Komputer, Laptop, Notebook dan sejenisnya dengan mudah

Tutorial Reset Bios pada laptop atau Notebook 
  • Yang di atas Itu cara pertama khusus untuk komputer dan untuk Mereset atau mengclear cmos untuk Laptop atau notebook yaitu dengan cara melepaskan batre cmos lalu melepaskan batre laptop atau notebook lalu pijit tombol power 3 kali dan diamkan dalam 2 menit setelah itu pasang kembali batre cmos dan batre laptop. Selesai.
Tutorial Clear Cmos Komputer, Laptop, Notebook dan sejenisnya dengan mudah
Bagaimana cara mereset Bios motherboard pada komputer ataupun laptop itu caranya mudah sekali bukan ? :) dan semoga tutorial yang saya bagikan kali ini memberikan manfaat yang berlebih kepada shabat cinta teknologi semua dan mungkin pertemuan kali ini saya cukupkan dulu sampai disini mohon maaf bila ada kata kata yang kurang berkenan atau kurang di pahami  hehe maklum saya masih amatir kwkwk saya akhiri wassalamualaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Reset Bios Motherboard Komputer Dengan Mudah Cinta Teknologi di blog KomtekNews jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

36 komentar

keren2...cinta,
jarang2 org bagi ilmu kanuragan seperti cara reset bios inih cinta..!,

Balas

caranya cukup mudah yamas...
yang agak ribet cuman mindah2 cpunya ketika mau buka chasing

Balas

hayo...hati2 mas ainul soalnya mbak al mau menggoda lagi nih...

Balas

kalau baca artikel disini, makin bertambah ilmu tentang komputer :) ... niceee mass,,,

Balas

Beginilah cinta kalau sudah di kata apa ? Orang cara rest bios motherboard komputer itu kan ilmunya sangat mahal, kalau di blog ini diberikan cuma-cuma informasinya. :D

Balas

Walau ilmu pengetahuan saya bertambah tentang cara reset bos motherboard komputer, namun hanya bisa nelan ludah saja Kang. Sebab masalah teknik sepertinya harus masih banyak belajar, takutnya bisa bongkar tidak bisa pasang nih. :D

Balas

iya ternyata mudah ya membaca reset komputer itu hehe, mas ainul kalau bikin tutorial jangan bongkar bongran ah, lieur hehe..

Balas

Runtun dan detail banget penjabarannya
Gampang di pahamin buat pemula :)

Balas

Terimakasih info Tutorial Reset Bios pada laptop atau Notebook ,,yang sangat bermanfaat

Balas

Murah banget si agan nih.... mau bagi-bagi ilmu dalamnya hehe,,, trims ya....

Balas

tutorial sederhana namun mudah dipahami..meskipun saat ini kebanyakan orang sudah memakai laptop....
keep happy blogging always,,,salam dari makassar :-)

Balas

Cara yang bermanfaat untuk saya ketahui nih Mas Ainnul. jadi seperti itu toh cara nya meriset bios motherboard makasih Mas

Balas

saya masih belum nyambung nih hehe...nyimak dulu sambil ikut belajar

Balas

Perlu saya coba nih benr kata Mas Indra. Mas Ainnul emang pandai berbagi makasih Mas :)

Balas

wah kalau saya nggak berani otak-atik komputer mas, takut nggak bisa balikin lagi hehe...

Balas

cabut baterai sama persis dengan pc desktop
Kalo tombol power tekan 3x saya baru mengetahuinya

Balas

cara kedua lebih gampang ya mas dibanding cara pertama, sayangnya cara membuka casing laptop belum bisa karena ada kabel pita yang harus dilepas

Balas

@kang Aldino : itu dia alasan saya posting ini dikarenakan sangat jarang orang yang mosting ginian :D
@kang Yanto : hha iyaa saya selalu hati" kang masa terong makan terong sih wwkwkwk
@kang Indra : hehe iyaa kang sangat mahal sekali saya dapet ilmu ini sampe 3 tahun lohh mesantrennya :D
@kang Saud : Iyaa sama sama kang :)

Balas

@Kang yan : kalo gak mau ribet gak usah pake cssing kang kkwkwkwk

Balas

@Kang Hary : hehe iyaa kang dan moga bermanfaat nya ilmunya :)

Balas

@Kang Indra : Kalo tidak mencoba tidak akan bisa jadi korbankan aja pc 1 mah biar jago nantinya :D

Balas

biar kagak lier kalo mau baca harus minum obat dulu mbak :D

Balas

mas bud : Hehe iyaa donk kang tutorial ini saya buat untuk anak" didik saya di smk jadi saya jabarkan saja :)
@mas zach : haha sama saya juga masih pemula kok :D

Balas

iya sama sama kang :) terima kasih atas kunjungannya

Balas

iya sama sama kang dan makasii juga yah atas kunjungannya

Balas

nahh untung saya juga udah nyediain untk laptopnya kang :D

Balas

hehe makannya sering" main kesini kang biar jadi berani main bongkar" an :D

Balas

tujuan dari menekan tombol power itu adalah agar listrik yang ada pada komputer habis gan intinya biar jadi makin cepet aja gitu prosessnya :)

Balas

nahh itu dia mas :v kalo menurut saya ke dua nya mudah asalkan kita hati hati :)

Balas

Mas, notebook compaq cq42-207tu saya mengalami bios corrupt dan skarang notebook sy semua indikatornya padam (tidak ada led yg menyala) namun jika saya colokkan usb mouse atau pad pendingin (kipas) led mouse dan padnya menyala.
Bagaimana cara mengatasinya mas?
Trims atas bantuannya.

Balas

Silahkan Isi Komentar Bila Perlu :)
#Dilarang Memberi Komentar Yang Berbau sara/Memancing Keributan
#Dilarang Menyimpan Link Hidup/ Spam
#Jika Ada yang Ingin ditanyakan Langung saja Isi Komentar OK :)

 
-->