Cara Memperbaiki Komputer Yang Hang Cinta Teknologi

Tutorial Memperbaiki PC yang Hang Alias tiba tiba macet dengan mudah versi Cinta Teknologi -
Assalamualaikum .. sahabat sahabat cinta teknologi semua yang pada baik hati dan tidak sombong + slalu setia mampir dimari selamat datang :D di kesempatan yang indah pada kali ini saya seperti biasa nya akan membagikan tutorial Perbaikan komputer kepada sahabat Cinta Teknologi semua.
Tutorial Memperbaiki PC yang Hang Alias tiba tiba macet dengan mudah versi Cinta Teknologi

Dan Tema Perbaikan Komputer yang akan saya bagikan kali ini berjudul Cara Mudah Memperbaiki Komputer yang HANG. Tahu kah sahabat apa Hang itu ? Kalo ada yang belom tahu akan saya jelaskan sedikit pengertiannya menurut bahasa saya. Hang itu adalah ketika Komputer dioperasikan alias dipakai tiba tiba macet kursor mouse tidak bisa di gerakan pokok nya intinya si komputer yang kita gunakan itu seperti mati suri. Ongkoh hidup tapi yaa seperti mati :v

Baca Juga Artikel :
Cara Reset Bios Motherboard.
Cara Memperbaiki Komputer yang restart Sendiri.

Langkah/ Cara Memperbaiki Komputer yang hang ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit asalkan sahabat punya keberanian untuk membongkar komputer pasti bisa tinggal ikuti aja langkah langkahnya di mari :D

Ohh iyaa seperti biasa nya sebelum saya membahas cara memperbaiki nya tidak ada salahnya bukan jika saya bahas dulu apa sihh yang menyebabkan komputer hang ? dan berikut Penjelasannya.
Penyebab Komputer hang

  • Komputer Terlalu Panas (Over Heating)
  • Kekurangan Daya pada Power Suply
  • Ada Problem/Masalah pada Hardisk 
  • VGA Card Bermasalah
  • RAM Bermasalah
  • Lan Card Bermasalah
  • Virus
  • Driver Yang Di gunakan Tidak Cocok
Nahh lohh ternyata banyak sekali kan penyebab komputer hang ini dan terus pertanyaannya bagaimana cara memperbaiki nya ? kalo ada yang nanya gitu yaaa saya jawab cara memperbaikinya yaa disasar dimulai dari Analisis suhu komputer sampe ke driver.

Oke langsung saja ke Perbaikan :
  • Cara Memberbaiki Komputer Hang dikarenakan Over Heating
    1. Buka Casing.
    2. Buka heatsing dan kipas processor secara hati - hati dan perlahan.
    3. Bersihkan Sirip sirip Pada Kipas dan pada heatsink dengan menggunakan Kuas sampai debu yang menempel hilang semua dan inget sampe bersihh :D
    4. Pada Processor bersihkan lah Thermal Pasta dan ganti dengan yang baru.
    5. ohh iyaa jika fan macet berilah sedikit minyak pelumas sedikit saja. akan tetapi jika fan nya sudah tidak berfungsi yaa ganti aja wkwk
    6. Setelah itu pasangkan kembali heatsink dan kipas nya pada tempat semula.
  • Jika Penyebabnya Dikarenakan Kekurangan daya saran saya kepada sahabat Untuk langsung saja menggantinya dengan Power suply yang baru dikarenakan nanti kerusakan nya bukan hanya hang saja tapi Komponen hardwarepun nanti bakal ada yang rusak.
  • Jika Penyebab nya adalah problem pada hardisk coba Cabut kabel power dan kabel data pada hadisk kemudian pasang kembali Defrag lah terlebih dahulu komputer sahabat bisa menggunkan software bawaan windows atau download software khusus Defrag contohnya Defragmenter banyak kok di google dan untuk sahabat yang belum tahu cara defrag Hardisk pada komputer bisa baca artikelnya disini Cara Deffrag Hardisk.
  • Bersih kan RAM, LAN CARD dan VGA Card menggunakan Penghapus. jika tetep hang mungkin kapasitas RAM sahabat Kurang besar jadi solusinya yaa tambah kapasaitas RAM NYA
  • Jika Penyebab nya Dikarenakan Virus Pasang atau instalkan anti Virus yang bagus dan inget selalu update dan scan secara rutin komputer sahabat.
  • jika ternyata masalah nya terdapat pada driver coba update saja drivernya secara online biar cepet jika sahabat belom tahu cara nya bisa baca tutorial update drivernya disini : Cara Mudah Update Driver Secara Online.
Semoga Tips Memperbaiki Komputer Yang Hang ini memberikan manfaat yang berlebih kepada sahabat Cinta Teknologi Semua dan mungkin saya cukupkan sampai disini pertemuan kali ini wassalamualaikum Wr.Wb
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Memperbaiki Komputer Yang Hang Cinta Teknologi di blog KomtekNews jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

43 komentar

nah ini harus disave, pas banget buat antisipasi kalo hang, makasi mas

Balas

harus di pelajari lebih dulu ni Mas, agar kalau nanti terjadi masalah pada Kompi kesayangan saya sudah punya referesi dan jadi gak bingung lagi.
Thks Mas buat sharenya.

Balas

Wahh sip sip. PC saya memang suka HANG. Tadinya saya pikir karena kebanyakan FILE FILE. Wah ternyata ada tips nya hiehiheihee. Izin Sedootttt

Balas

Selama ini saya hanya tahu jika sering nge-hang karena virus mas. Ternyata ada 8 kemungkinan penyebabnya..

Balas

mantap nih tutornya
saya simpen dulu yamas,biar enak nanti kalau PC ku hang sudah tau cara memperbaikinya

Balas

oh file file toh kang
saya kira banyak lelenya

Balas

Dulu punya pengalaman kayak gini, ngehang. Di utak-atik teranyata masalahnya ada pada RAMnya.
Tapi yang utak-atik tukang servis, soalnya aku gak ngerti masalah servis komputer.

Balas

Kurang lebih sama seperti yang biasa saya lakukan kayaknya, cuma kalo lagi rajin biasanya saya bongkar tuh kompienya terus dicuci dan dibersihin dalemannya heheee...

Balas

sama seperti kompie saya mas, yang paling sering pasti masalah di RAMnya, ya maklumlah namanya juga kompie dah jadul terus RAMnya juga dah rada error, kadang ke detect kadang mah kagak...

Balas

Masih mendingan itu mah, saya mah kadang otaknya yang suka hang coba? mumet kan... :D

Balas

kebetulan komputer saya suka ngehang mulu mas,, mntab artikelnyaa,, perlu dicoba tipss nya ^_^ ,,trimss

Balas

Kalau sudah hang memang bikin sebel banget, makasih tipsnya mas nanti saya coba :)

Balas

Ganti satu komputer. Beli baru aja..:)

Balas

tipsnya bagus sekali , berguna bagi yang lagi mengalami masalah hank, mantap

Balas

kebetulan pc saya yang satu lagi masalahnya begini mas, saya coba perbaiki dulu mas, terima kasih solusinya :D

Balas

Huaaaa.. Kalok aku bukak casing sendiri mah ngga akan bisa dipasang lagi.. :(

Balas

mas ainul komputer saya restar mlu gimana caranya nih..?

Balas

jadi makin bertambah aja nih pengetahuanku... kalau LAYAR LCD LAPTOP BERGARIS masih bisa di betulkan enggak ya mas...?

Balas

Trims dulu infonya, tapi saya kurang berani kalau harus membongkar sendiri hehe

Balas

@Wong : Silahkan mas di save tutorial nya mumpung masi anget :D
@Gerge : Kalo lcd sudah bergaris itu namanya kpingin di ganti mas hehehe soalnya kalo lcd itu jarang ada yang bisa nyervis nya kecuali kalo LCD nya di ganti :)

Balas

iya sama sama mas arie semoa bermafaat yee tutorialnya :)

Balas

kalo yang hang nya otak musti di servis ke janda terdekat :D

Balas

bahkan masi ada lagi mas penyebab nya selain yang ke 8 itu :D

Balas

silahkan di simpan mas buat jaga jaga :)

Balas

yaa beli lagi yang baru att kang marnes biar lancer kompi nya :v

Balas

wahhhh kerenn sampe di cuci segala wkwkwk

Balas

sangat sebel malah gan wkwkwk iyaa sama sama kang

Balas

silahkan bungkus yang banyak mbak :V

Balas

iya sama sama kang semoga bermanfaatt

Balas

kalo cuman buka pasang mudah kok beb cuman butuh kebranian doang :D

Balas

Caranya Coba Buka Casing nya lalu Bersihkan RAM nya mbak pake penghapus setelah itu Slot Ram nya juga bersihkan dengan menggunkan Kuas Untuk Lebih jelasnya Mbak bisa baca artikel nya disini :

http://www.cintateknologi.com/2014/11/cara-memperbaiki-komputer-yang-restart.html

Balas

nah ini yang perlu saya bisa. secara kompi saya sering banget hang seolah2 tanpa sebab

Balas

hang itu ngeheng ya mas? :D
kalo untuk laptop gmna yah?soal nya laptop saya suka kaya gtu ngeheng teu puguh,ongkoh mati padahal batre penuh dan sora musik nya masih ada, ydah saya cabut batre nya karna panik :D

Balas

hahaha cara memperbaiki nya sama kok mas :) coba aja bongkar dan bersihkan ram nya :)

Balas

Bisa bongkar ga bisa cara pasangnya lagi mas ainnul wkwk

Balas

Silahkan Isi Komentar Bila Perlu :)
#Dilarang Memberi Komentar Yang Berbau sara/Memancing Keributan
#Dilarang Menyimpan Link Hidup/ Spam
#Jika Ada yang Ingin ditanyakan Langung saja Isi Komentar OK :)

 
-->