Fungsi Heatsink Komputer Dan Jenis Jenisnya - Cinta Teknologi

Macam Macam Fan Heatsink dan Fungsinya - Cinta Teknologi
Assalamualaikum .. sahabat Sahabat Cinta Teknolohi Pada Kesempatan kali saya akan sedikit memberikan pengetahuan tentang Fungsi Heatsink yang ada Pada Komputer.
Langsung Saja Kita Mulai dari Fungsi Heatsink itu Sendiri yaitu Untuk Mendinginkan Prosessor/otaknya Komputer Jika saja Komputer Tidak Memiliki Heatsink atau pendingin maka Hal yang akan terjadi yaitu Offerhat (Saya Kurang Tahu nulisnya Harus Gimana maklum masii Newbie :D) OfferHet yaitu Panas yang berlebih pada Komputer jika Dibiarkan Terus Menerus maka Yang akan terjadi Si Prossesor dan komponen lainnya seperi motherboard akan Hangus Lhoo jadi harus dipasang dan masangnya Juga ada aturannya jangan maen pasang aja karena percuma kalo sampe masangnya kurang kenceng atau longgar maka kejadian Offerhet pun akan terjadi.
Gambar Heatsink

Macam Macam Fan Heatsink dan Fungsinya
Bukan Hanya Offerhat saja Hang atau macet pun akan terjadi Dikarenakan yaitu komputer terlalu panas jadi disini saya sarankan kepada sahabat Cinta Semua untuk benar benar memperhatikan komponen yang satu ini kalo perlu tambah pendingin tambahan bisa AC (Kalo Punya Uang :D), atau Kipas (Kalo Uang nya pas pasan) bisa juga pake Blower / kipas pendingin kecil yang biasa dipasang di dalam casing dan memakai tenaga listrik dari power suply (Kalo agan bener bener Kere haha Visss Kidding Gan :D)

Nahh kand tadi sudah saya jelaskan Fungsinya maka sekarang saya akan sedikit mengenai jenis jenis Fan Heatsink :

1. Heatsink yang pertama yang akan saya bahas adalah Heatsink fan(HSF)
     HSF ini memiliki cara kerja dari HSF seperti pada pendingin heatsink, tapi pada HSF ditambahkan sebuah kipas untuk mempercepat proses transfer panas.  Namun HSF bekerja lebih baik dari heatsink.  Saat ini HSF menggunakan teknologi heattipe yaitu  pipa tembaga kecil untuk transfer panas dengan menggunakan konsep kapilaritas.

2. Pendingin yang kedua adalah Water Cooling.
     Teknik pendingin CPU dengan menggunakan water cooling ialah dengan menggunakan sejenis cairan pendingin(biasanya berupa air) yang dialirkan menggunakan peralatan khusus untuk water cooling.  Peralatanya biasanya terdiri dari water block yang dipasangkan ke pengait processor di motherboard, pompa air, dan radiator.

Dry Ice dan Nitrogen cair
     Prinsip pendingin tipe ini sangat simple, processor yang akan di inginkan ditempelkan langsung dengan dasar tabung tembaga(bonk) yang artinya bonk tersebut akan di isi dengan dry ice atau nitrogen air.
Macam Macam Fan Heatsink dan Fungsinya
Dry Ice dan Nitrogen cair

Phase Change Color
     Pendingin tipe ini serupa dengan pendingin yang digunakaan pada kulkas dimana pendingin akan didorong dengan kompresor.

TEC(Thermoelectric Cooler)
     Prinsip kerja pendingin ini adalah dengan mengalirkan arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga disatu sisi logam akan dingin dan disisi logam lain akan panas.

Nahhh Mungkin cukup sekian Dulu Penjelasan Mengenai Fungsi Heatsink dan jenis jenisnya dari saya walaupun Sedikit Semoga Bermanfaat ^_^ Ditutup wassalamualaikum Wr.Wb :)

Bagi yang membutuhkan materinya bisa downlaod disini >>_download_now_<<

Terima kasih telah membaca artikel tentang Fungsi Heatsink Komputer Dan Jenis Jenisnya - Cinta Teknologi di blog KomtekNews jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

16 komentar

Dry Ice dan Nitrogen terkesan ekstrim mas.. jadi, mana yang terbaik diantara semuanya itu mas?? hehehee, saya tidak salah lagi kalau panggil mas... xixixixixi

Balas

kalau pada cpu tuh termasuk jenis fan yang mana mas?

Balas

pertamax nggak ya??
nunggu disini aja deh ,syukur2 dapet hadiah

Balas

hahaha iyaa, kalo menurut saya sihh yang dry ice gan :D

Balas

dua komputer saya mati gara-gara overheat mas, mungkin karena menggunakan pendingin yang salah ya mas, soalnya saya pake kipas dengan harga yang murah

Balas

kalo untuk pc yang no 1 gan yang hsf Artinya yaitu Heatsik and Fan :D

Balas

yaaahh kang yanto telat pertamaxnya udah di ambil ama mas Koperasi :v

Balas

li infonya...overheat mmg akn buat pc hang....so jgn gunakannya terlalu lama...

Balas

pernah saya liat juga teknisi di kantor ngasih semacam pasta putih kaya odol gitu didekat prosesornya, tujuannya mungkin biar ndak cepet panas juga ya mas :)

Balas

apa aman menggunakan dry ice dan nitrogen cair mas? apa tidak takut jika airnya nanti menetes ke processornya? :/

Balas

mungkin bisa disebabkan juga karena processor agan tidak memakai pasta + Heatsinknya yang kurang kenceng masangnya :)

Balas

betul sekali mbak memang tujuan pasta tersebut untuk menambah sensasi dingin pada processor :D

Balas

aman gan asalkan agan menggunakan Di-electric grease compound
untuk melindungi motherboard + komponen lainnya dari pengembunan dan sobat bisa mendapatkannya di toko toko elektronik atau toko hardware, seperti Ace Hardware :)

Balas

Silahkan Isi Komentar Bila Perlu :)
#Dilarang Memberi Komentar Yang Berbau sara/Memancing Keributan
#Dilarang Menyimpan Link Hidup/ Spam
#Jika Ada yang Ingin ditanyakan Langung saja Isi Komentar OK :)

 
-->