Jaringan Peer To peer Dan Client Server -Cinta Teknologi

Pengertian Beserta Kekurangan dan Kelebihan Jaringan Peer To Peer dan Client Server Versi Cinta Teknologi -
Assalamualaikum .. sahabat sahabat Cinta teknologi Semua Selamat Pagi :) di pagi yang Cerah dan Insya ALLAH Di muliakan ini saya akan membagikan sedikit Informasi Mengenai Ilmu TKJ Khususnya Di Jaringan :D dan Judul dari Informasi yang akan saya bagikan ini adalah Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer dan Client Server.

Pengertian Jaringan Peer to peer

Pengertian Peer Itu sendiri yaitu "rekan sekerja". nah jadi jika di gabungkan menjadi Peer-to-peer network maka artinya adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer, yang Dihubungkan langsung bisa menggunakan kabel crossover, via wireless, bahkan bisa menggunakan perangkat tambahan hub/switch agar semua komputer terhubung dengan baik. hehehe koq artinya malah serasa gak nyambung yah tapi yaudah dehh jangan dipikirin yah orang dari bukunya gitu kok haha :D

Pengertian Jaringan Peer to peer yang lainnya adalah suatu model dimana setiap Komputer yang terhubung satu sama lain dapat memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai  PC lain, Tidak ada yang bertindak sebagai server yang mengatur sistem komunikasi dan penggunaan resource komputer yang terdapat dijaringan, dengan kata lain setiap komputer dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama.

Sebagai Contoh Misalkan di dalam kantor/Lab Komputer terdapat beberapa unit komputer, kemudian diberi nama group sesuai dengan nama kantor/Lab yang bersangkutan. lalu Masing-masing komputer diberi alamat IP dari satu kelas IP yang sama agar bisa terhubung satu sama lain dan agar bisa saling sharing untuk bertukar data atau resource yang dimiliki komputer masing-masing, seperti printer, cdrom, file dan lain-lain.

owh iyaa tau tidak sahabat jika ternyata Komputer pada jaringan peer to peer itu biasanya berjumlah sedikit lohh kira kira jumlahnya hanya 1-2 printer saja. dan itu pun Untuk penggunaan khusus, seperti laboratorium komputer, riset dan beberapa hal lain, owh iya sebagai info tambahan model jaringan peer to peer ini masih bisa dikembangkan lhoo untuk koneksi lebih dari 10 hingga 100 komputer kerenn kan ? hehe


Jaringan Peer To Peer
Layout Jaringan Peer To Peer


Pengertian Jaringan Client - Server

Client Server merupakan suatu model jaringan yang sedikitnya menggunakan satu atau beberapa komputer sebagai server yang yang dimana fungsi dari komputer server itu sendiri untuk memberikan resource-nya kepada komputer client dalam jaringan, server ini juga akan mengatur mekanisme akses resource yang boleh digunakan, serta mekanisme komunikasi antar node dalam jaringan.

Selain pada jaringan lokal, sistem Jaringan Client Server ini bisa juga diterapkan di teknologi internet lhoo.Dimana ada suatu unit komputer berfungsi sebagai server yang hanya memberikan pelayanan bagi komputer lain, dan client yang juga hanya meminta layanan dari server. Akses dilakukan secara transparan dari client dengan melakukan login terlebih dulu ke server yang dituju.

Client hanya bisa menggunakan resource yang disediakan server sesuai dengan otoritas yang diberikan oleh administrator (Server). Aplikasi yang dijalankan pada sisi client, bisa saja merupakan resource yang tersedia di server. namun hanya bisa dijalankan setelah terkoneksi ke server.

Jenis layanan Client-Server antara lain :
File Server                         : memberikan layanan fungsi pengelolaan file.
Print Server                         : memberikan layanan fungsi pencetakan.
Database Server                         : proses-proses fungsional mengenai database                                                                                              dijalankan pada mesin ini dan stasiun lain dapat                                                                                      minta pelayanan.
DIP (Document Information Processing) : memberikan pelayanan fungsi penyimpanan,                                                                                            manajemen dan pengambilan data.


Model Client-Server dengan sebuah Server yang berfungsi umum
Model Client-Server dengan sebuah Server yang berfungsi umum

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer

Kelebihan jaringan peer to peer
Pemasangannya murah dan mudah
Tidak memerlukan software administrasi jaringan yang khusus
Tidak memerlukan administrator jaringan

Kekurangan jaringan peer to peer
Jaringan tidak bisa terlalu besar (tidak bisa memperbesar jaringan)
Tingkat keamanan rendah
Tidak ada yang memanajemen jaringan
Pengguna komputer jaringan harus terlatih mengamankan komputer masing-masing
Semakin banyak mesin yang disharing, akan mempengaruhi kinerja komputer


Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Client Server

Kelebihan jaringan client server
Mendukung keamanan jaringan yang lebih baik
Kemudahan administrasi ketika jaringan bertambah besar
Manajemen jaringan terpusat
Semua data bisa disimpan dan di backup terpusat di satu lokasi

Kekurangan jaringan client server
Butuh administrator jaringan yang profesional
Butuh perangkat bagus untuk digunakan sebagai komputer server
Butuh software tool operasional untuk mempermudah manajemen jaringan
Anggaran untuk manajemen jaringan menjadi besar
Bila server down, semua data dan resource diserver tidak bisa diakses

Semoga Materi yang Berjudul Jaringan Peer To Peer dan Client Server yang saya bagikan ini memberikan sedikit manfaat kepada sahabat Cinta Teknologi mohon maaf jika ada tutur kata yang kurang berkenan dikarenakan saya masi newbie jadi cara bicaranya masi sedikit ngawur :v
saya cukupkan wassalamualaikum WrWb

Terima kasih telah membaca artikel tentang Jaringan Peer To peer Dan Client Server -Cinta Teknologi di blog KomtekNews jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

12 komentar

biasanya kalau komputer server nda terbuka/nda nyala..berarti kita tdk bisa akses komputer yg lain..yg sdh terhubung ke server..apa benar begitu ya ..Sob..!

Balas

ternyata bikin mumet juga yia masalah jaringan, nggak nyamapi otaknya, hmm.............

Balas

Bunda gak begitu paham tapi alhamdulillah ngerti juga. He hee....
Jaman sekarang informasi seperti ini sangat penting.

Balas

ow ini persis seperti di tempat kerja saya,jadi bisa saling terhubung satu sama lainya,( cuma saya kurang faham bahasa istilahnya ) disitu kita bisa chating langsung via mesengger,,Calisto dan lain sebagainya......

Balas

jadi Jaringan Peer to Peer itu yg terdiri dari beberapa komputer yg mempunyai peran berbeda-beda tetapi masih dalam satu grup gitu ya Sob maksudnya hehehe... maklum, gak tahu, nah kalo misalnya warnet itu sama gak maksudnya dgn peer to peer Sob, kan ada beberapa komputer juga ....

Balas

@Aldino Syakalo ke kompi yang lain masi bisa tapi kalo server ya pasti ndak bisa gan :) tapi semuanya kembali ke pengaturan servernya kayak gimana karena ada juga yang sepeti agan katakan :)

Balas

@Bunda KikiBener juga itu bun jangan sampe kita ketringgalan informasi kalo sape ketinggalan yaa terlalu :D

Balas

@EKA IKHSANUDINKalo si warnet biasanya pake yang Client Server gan :)

Balas

Silahkan Isi Komentar Bila Perlu :)
#Dilarang Memberi Komentar Yang Berbau sara/Memancing Keributan
#Dilarang Menyimpan Link Hidup/ Spam
#Jika Ada yang Ingin ditanyakan Langung saja Isi Komentar OK :)

 
-->